Orang Orang Proyek Tahun 1991

Penulis : Ahmad Thohari 
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Nilai nilai yang ada dalam novel
- nilai sosial

Sinopsis :

Maraknya kebobrokan oknum yang menunaikan proyek proyek yang terjadi di Indonesia pada 1991 dan sebelumya. Saat itu Partai Golongan Lestari menang menguasai negeri ini. Saat itu Partai Golongan Lestari menang menguasai negeri ini. 

Proyek-proyek tidak dibangun sesuai dengan ilmu arsitektur yang benar sehingga budget yang seharusnya bisa untuk membangun dua jembatan yang kokoh sekaligus, hanya dapat mewujudkan satu jembatan dengan mutu yang rendah. 

Dimulai dengan keadaan sungai cibawor. Kemudiaan, muncul lelaki tua bernama pak Tarya, seorang pensiunan PLN yang suka memancing di sungai cibawor. Yang nantinya bertemu dengan Insinyur Kabul di siang hari,  yang nantinya terjadi percakapan antara pak Tarya dengan Insinyur Kabul. 

Tidak hanya Pak Tarya saja, nantinya akan ada teman lama Kabul yang kebetulan menjadi Kepala desa dekat jembatan Cibawor. Ia teman kampusnya dulu yang sesama aktivis. Jiwa idealismenya juga memberontak pada kebijakan gila pada jaman itu, persis dengan pemikiran Kabul.

Lalu klimaksnya pun berada di akhir cerita, Kabul dihadapkan pada pilihan yang pelik. Apakah ia akan melanjutkan proyek yang dianggapnya mengkhianati rakyat itu atau berhenti dari proyek untuk memenuhi hati nuraninya walaupun ia harus mengorbankan masa depanya. 

Namun tidak keluar dari inti cerita, poinnya menggambarkan orang orang jujur yang celaka macam Kabul, Pak Tarya, dan Basar Sang Kepala Desa teman sekampus Kabul itu dapat berdiri tegak dengan pendiriannya yang mulia ditengah tengah jiwa jiwa pragmatis. Dan keteguhan hati mereka akan kembali diuji saat persiapan acara HUT partai Golongan Lestari Menang. Pasalnya, acara tahunan tersebut pasti akan menyedot habis dana desa dan dana proyek seperti yang sudah sudah. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Meranti